Home Asia Pasifik Vanuatu umumkan keadaan darurat setelah “monster” siklun

Vanuatu umumkan keadaan darurat setelah “monster” siklun

455
0
SHARE

KORANFAKTA.NET, PORT VILLA – Pemerintah Vanuatu mengumumkan keadaan darurat nasional setelah Topan Pam memporak porandakan kepulauan Pasifik Selatan, menewaskan sedikitnya delapan orang dan memutuskan jaringan komunikasi dengan pulau-pulau terpencil.

 

Warga mulai membersihkan rumah mereka di Port Vila, Vanuatu, setelah diterjang Badai Siklon Tropis Pam. (Credit: ABC licensed)
Warga mulai membersihkan rumah mereka di Port Vila, Vanuatu, setelah diterjang Badai Siklon Tropis Pam. (Credit: ABC licensed)

“Topan telah meratakan rumah-rumah  dan butuh upaya pencarian untuk menemukan orang hilang dan menyelematkan mereka yang  belum ditemukan,” kata Chloe Morrison, seorang perwira komunikasi darurat World Vision, melalui telepon dari ibukota, Port Vila.

“Koneksi kmomukasi masih sulit,  jadi kami belum punya laporan kondisi penduduk di pulau-pulau terpencil.”

Baldwin Lonsdale Presiden Vanuatu menjelaskan badai laksana  “monster” dan dampak dari topan itu belum diketahui. Dia mengatakan dalam sebuah pernyataan negaranya menghadapi “bencana besar.”

Pemerintah mengatakan lebih dari 30 orang diketahui telah terluka dan banyak lainnya kehilangan tempat tinggal. Jembatan yang menghubungkan ibukota Port Vila dengan sisa pulau Efate telah hancur, kata Lonsdale.

Sementara itu pemerintah Australia mengumumkan komitmen bantuan senilai $5 juta untuk Vanuatu yang wilayahnya porak-poranda diterjang Badai Tropis Pam. Sementara Pemerintah Vanuatu mendeklarasikan status gawat darurat di Provinsi Shefa seiring dengan berdatangannya regu penyelamat. (abc/abu)

 

Redaktur : Arlita Ratnasari

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

16 + 14 =