Home Kabar Dunia Akun Facebook Rupanya Dapat Diwariskan

Akun Facebook Rupanya Dapat Diwariskan

46
0
SHARE

KORANFAKTA.NET, KEDIRI – Facebook, jejaring sosial media mengizinkan para penggunanya mewariskan akun mereka untuk dikelola pengguna lain saat mereka sudah meninggal, memungkinkan user memilih seseorang yang akan mengelola akun mereka setelah mereka meninggal.

facebookSebelumya, ketika pengguna facebook meninggal, akun meraka hanya akan dijadikan “tempat kenangan” setelah meninggal atau dikunci agar tidak ada seorang pun yang bisa mengakses akun tersebut sama sekali.

Praktik pewarisan akun Facebook pertama kali dimulai di Amerika, di mana para pengguna Facebook dapat memilih “kontak pewaris” untuk menulis di halaman mereka ketika nanti mereka meninggal dunia. Pewaris juga dapat merespon permintaan teman baru dan memperbarui foto mereka.

Meski begitu, pewaris tidak dapat mengakses pesan-pesan pribadi almarhum. Sebab ntuk masuk ke akun orang yang telah meninggal, mereka harus menggunakan akun mereka. Selain itu, sang pewaris pun dapat menghapus akun tersebut jika dia mau.

Orang yang dipilih untuk menjadi pewaris akun tidak akan diberitahu tentang pilihan tersebut sampai akun pengguna yang telah meninggal dijadikan memorial. Facebook juga akan memberi pengingat tahunan akan pilihan pengguna.

Perusahaan facebook tak sendirian. Tercatat sejumlah perusahaan Internet lainnya pun menawarkan cara-cara untuk mengelola akun-akun setelah yang bersangkutan meninggal. Di Google misalnya, terdapat alat yang disebut “manajer akun non-aktif”. Alat tersebut membuat pengguna dapat memberikan opsi penghapusan data setelah tiga, enam atau 12 bulan tidak aktif.

Pengguna juga dapat memilih seseorang, seperti orangtua atau pasangan, untuk menerima data tersebut. Alat itu tidak hanya mencakup surat elektronik tapi juga layanan-layanan Google lain seperti Google Plus, YouTube dan Blogger. (ROL/ABU)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here