Home Kabar Dunia Muslim Swedia protes serangan terhadap masjid

Muslim Swedia protes serangan terhadap masjid

470
0
SHARE

KORANFAKTA.NET, KEDIRI- Ribuan orang turun ke jalan-jalan beberapa kota di Swedia mengecam serangkaian terbaru  terhadap masjid di negara mereka.

Rally terbesar diadakan di luar parlemen Swedia di ibukota Stockholm, Jumat (2/1/2015), peserta melambaikan spanduk bertuliskan Jangan sentuh masjid saya“.

Serentetan serangan masjid telah menggelisahkan masyarakat Muslim Swedia ( Photo AP/)
Serentetan serangan masjid telah menggelisahkan masyarakat Muslim Swedia ( Photo AP/)

Saya datang ke sini karena saya menentang serangan masjid. Tidak hanya serangan terhadap masjid, tetapi juga terhadap demokrasi di Swedia. Saya warga negara Swedia lebih dulu dan saya juga seorang Muslim Swedia berusaha melindungi hak-hak saya dan solidaritas dengan orang lain untuk menangani Islamofobia ini, kata Yasin Ahmed, seorang pegiat kampanye antirasisme.

Sementara itu menyikapi para demonstran, Menteri Kebudayaan Swedia Bah Kuhnke mengatakan, serangan terhadap masjid  adalah bentuk intimidasi.

Itu sebabnya salah satu hal yang paling penting yang dapat kita lakukan adalah tidak membiarkan diri kita terintimidasi,” tambahnya.

Protes serupa juga diadakan di kota-kota Malmoe dan Gothenburg.

Pada hari Kamis, masjid diserang oleh bom api dan bom molotov di Uppsala, Swedia timur.

Pada akhir Desember, masjid lain dibakar di kota selatan Esloev, dan sebelum itu lima orang terluka dalam serangan pembakaran terhadap sebuah masjid di Eskilstuna, demikian dilaporkan PressTV.

Editor: Agung Budiarto

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

one × one =