Home Religi Haji di musim panas, Menkes ingatkan calon haji jaga kesehatan

Haji di musim panas, Menkes ingatkan calon haji jaga kesehatan

422
0
SHARE

KORANFAKTA.NET, JAKARTA — Menteri Kesehatan Nila F Moeloek meminta calon jamaah haji yang akan berangkat pada tahun ini untuk mulai menjaga kesehatan, karena ibadah haji tahun ini bertepatan dengan musim panas di Saudi Arabia

“Saya mengingatkan kepada seluruh masyarakat kita yang ingin naik haji. Haji ini jatuh di musim panas, heat sroke sangat membahayakan. Temperature saat musim haji kurang lebih nanti 50 – 51 derajat,” tegas Nila saat memberikan keterangan pers, Ahad (01/05), di bandara Halim Perdanakusuma usai menyambut kedatangan Hj Culan, jamaah haji Indoensia yang dirawat di RS Garda Nasional Jeddah karena mengalami heatstroke.

Hj Culan, jamaah haji Indoensia yang dirawat di RS Garda Nasional Jeddah karena mengalami heatstroke/photo kemenag go.id
Hj Culan, jamaah haji Indoensia yang dirawat di RS Garda Nasional Jeddah karena mengalami heatstroke/photo kemenag go.id

“Jamaah kita banyak orang tua yang tidak tahan. Ibu Culan waktu di Mina terkena heat stroke dan alhamdulillah bisa ditolong,” tambahnya.

Musim haji 1437H/2016M akan segera memasuki tahap pelunasan haji. Pasalnya, Kementerian Agama dan Komisi VIII DPR RI sudah menyepakati besaran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji. Tahapan selanjutnya adalah diterbitkannya Kepres tentang BPIH untuk selanjutnya dilanjutkan dengan proses pelunasan ibadah haji.

Pemberangkatan calon jamaah haji Gelombang I dari Tanah Air menuju Madinah dijadwalkan akan dilakukan mulai 9 Agustus mendatang.

Sehubungan dengan itu, Menkes Nila mengajak calon jamaah yang masuk dalam antrian pemberangkatan tahun ini untuk segera memeriksakan kesehatananya sejak awal.

“Kita tidak mengharapkan hal seperti yang dialami Hj Culan ini terjadi terus menerus. Cost nya  terlalu tinggi. Sementara cost untuk menjaga kesehatan (lebih murah). Kesehatan tetap harus dijaga dari mula,” pesannya.

“Cek kesehatan dan suatu hari kita naik haji dalam keadaan sehat dan kembali dengan baik,” tandasnya.

 

KEMENAG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eight + eighteen =