Home Haji Berhaji bersepeda dari Cina ke Makkah

Berhaji bersepeda dari Cina ke Makkah

771
0
SHARE

KORANFAKTA.NET, Taif — Seorang pria Muslim Cina tiba di Arab Saudi setelah menempuh perjalanan sepanjang 8.150 kilometer dengan bersepeda untuk melakukan ibadah haji tahun ini.

Mapaotchen Muslim Muhammad, nama pria muslim itu, meninggalkan rumahnya di Xinjiang, di barat laut Cina, empat bulan lalu dan mengayuh sepeda anginnya menempuh perjalanan sepanjang kurang lebih  8,150 kilometer, sebelum tiba di kota Taif, sebelah barat Saudi, Jumat (19/8/2016),  dan mendapat  sambutan hangat dari klub sepeda lokal.

 Mapaotchen Muslim Muhammad beristirahat dalam perjalanan dari Xinjiang, di China menuju Makkah

Mapaotchen Muslim Muhammad beristirahat dalam perjalanan dari Xinjiang, di China menuju Makkah

Setelah beristirahat sejenak di kota Taif, Mohammad didampingi anggota klub bersepeda melanjutkan perjalanan menuju Makkah, seperti dikutip situs berita Saudi Sabq.

“Kami adalah klub sepeda pertama di Arab Saudi yang menyambut pesepeda Cina dan kami berharap klub lainnya melakukan hal sama, memperkenalkan dia untuk kota-kota mereka,” kata Nayef Al Rawas, Ketua klub sepeda di Taif.

Data dari Administrasi Negara untuk Urusan Agama Cina (SARA) mengatakan tercatat 14.500 Muslim Cina melakukan ibadah haji tahun ini.

 Mapaotchen Muslim Muhammad mendapat sambutan klub sepeda lokal ketika tiba di Taif, Arab Saudi

Mapaotchen Muslim Muhammad mendapat sambutan klub sepeda lokal ketika tiba di Taif, Arab Saudi

Meskipun banyak rintangan terutama tantangan medan yang sulit, namun cara-cara alternatif untuk sampai ke Arab Saudi berhaji atau umrah sering dilakukan oleh umat Islam, terutama yang berasal dari Asia.

Pada tahun 2013, menurut situs muslimcouncil.org,  Kharlzada Kasrat Rai, 37 tahun, asal Pakistan memulai perjalanannya dari Karachi pada tanggal 7 Juni, bepergian sejauh 6,387km melalui Iran, Irak dan Yordania berjalan kaki untuk melaksanakan ibadah haji.

Pada bulan Mei 2014, sekelompok warga Malaysia mengayuh sepeda mereka dari Kuala Lumpur menuju Madinah.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 + eleven =