Home On Islam Makanan halal dan tidak berlebihan kiat menjaga kesehatan tubuh

Makanan halal dan tidak berlebihan kiat menjaga kesehatan tubuh

318
0
SHARE

KORANFAKTA.NET – Umat manusia ( terutama kaum muslimin) agar selalu menjaga fitrah yang telah dianugerahkan Allah dengan cara memelihara kesehatan tubuh untuk mempertahankan kehidupannya dengan cara menjaga kebutuhan makanan, minuman, pakaian dan tempat tinggal dan rasa nyaman dalam pernikahan.

Bahan makanan beras/ilustrasi-photo GettyImages
Bahan makanan beras/ilustrasi-photo GettyImages

Allah menciptakan bahan makanan diperuntukkan bagi manusia dan menghalalkan bagi orang beriman untuk dikonsumsi dengan cara baik dan tidak berlebihan, agar kesehatan tubuh terpelihara.

Perlunya menjaga kesehatan tubuh dinyatakan dalam beberapa firman Allah di dalam al-Qur’an,

Al-Baqarah ayat 168: “Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi”.

Surat Al-Baqoroh ayat 172 : “ Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar kepada-Nya kamu menyembah”

Al-A’rof ayat 31 : “makan dan minumlah, dan jangan berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.”

Al-A’raf ayat 157 :” Dan Allah menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk”.

Rasulullah Muhammad juga telah menunjukkan fitrah lainnya yang harus diperihara manusia agar kesehatan tubuhnya terjaga, seperti dinyatakan  sabda beliau,:

“Sepuluh hal (perangai) yang termasuk fitrah (kesucian) adalah berkhitan, mencukur kumis, membiarkan jenggot, bersiwak, istinsyaq (memasukkan air ke dalam hidung), memotong kuku, mencuci celah-celah jemari tangan dan kaki, mencabut bulu ketiak, mencukur rambut kemaluan, dan istinja (cebok)”.

Semoga apa yang kita konsumsi berasal dari rezeki yang baik, halal dan menikmatinya secara tidak berlebihan.

Editor : Agung Budiarto

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 + twelve =