Generasi Muda Harus Jadi Wirausaha

Untuk mengatasi permasalahan ini, diperlukan strategi baru dengan bercermin dan belajar dari negara-negara yang sudah terlebih dahulu maju daripada Indonesia. Beberapa teknik dan formula mereka yang baik tidak ada salahnya untuk ditiru untuk kemajuan ekonomi Indonesia.

Ada satu hal yang tidak kalah pentingnya untuk dikembangkan untuk bangkitnya ekonomi Indonesia yakni peranan generasi muda. Kita semua tahu bahwa generasi muda adalah tulang punggung dari suatu bangsa. Generasi muda adalah sebagai garda terdepan dalam mendukung dan menunjang pembangunan bangsa. Seperti kata orang-orang besar, bahwa untuk menghancurkan suatu bangsa, tidak dapat dengan bom, peluru, ataupun senjata. Cukup hancurkan pemudanya, maka hancurlah bangsa itu. Ini menandakan bahwa betapa besarnya potensi pemuda untuk bangsa mereka.

Adalah dengan mengembangkan potensi para generasi muda untuk menjadi wirausaha. Sebab yang terjadi saat ini adalah bahwa pemuda begitu menamatkan diri dari dunia pendidikan, mereka berbondong-bondong untuk mencari pekrjaan, sementara lahan pekerjaan semakin terbatas. Kalau semua asyik untuk mencari pekerjaan, lantas pekerjaan yang mana mau dicari karena tidak ada yang menyediakan lapangan pekerjaan ?

Untuk itu kepada para generasi muda khusunya yang mempunyai bekal atau skill di bidang perekonomian, jangan ikut-ikutan berburu pekerjaan. Ciptkanlah lapangan pekerjaan itu, selain dapat melatih dan mengembangkan kemampuan dalam berwirausaha, juga secara langsung akan membantu progam pemerintah dalam mengurangi pengangguran. Jika ada 25 persen saja generasi muda yang mampu menjadi wirausaha, maka permasalahan perekonomian ini akan dengan sendirinya secara perlahan akan berkurang. Tidak tertutup kemungkinan Indonesia mampu menjadi negara maju setara dengan Australia dan singapura. Untuk kepada pemerintah, gali potensi para pemuda dan berikan motivasi dorongan secara nyata baik itu dorongan moril maupun materiil untuk agar pemuda menjadi lebih bersemangat da termotivasi menjadi wirausaha atau enterpreneur, agar jangan sampai generasi muda hanya bersaing dalam merebut pekerjaan, melainkan untuk memperebutkan pasar dunia.

I Gede Landep
Mahasiswa Jurusan Administrasi Negara Fakultas FISIP
Universitas Mahendradatta