Hingga 20 April 2016, dana desa tersalur Rp11,5 triliun

KORANFAKTA.NET, JAKARTA — Pemerintah melalui Kementerian Keuangan telah menyalurkan Dana Desa Tahap Pertama ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) sejak akhir Maret 2016 lalu.

Hingga 20 April 2016, jumlah Dana Desa yang telah tersalur mencapai Rp11,5 triliun atau sekitar 41 persen.

Dana tersebut disalurkan kepada 179 kabupaten, dari total 434 kabupaten di seluruh Indonesia.

Dana desa/Ilustrasi
Dana desa/Ilustrasi

Menurut Ahmad Erani Yustika,Direktur Jenderal (Dirjen) Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPMD) Kemendesa PDTT, banyak kabupaten yang belum melengkapi persyaratan administratif, sehingga belum menerima penyaluran Dana Desa.

“Masih ada kendala bagi beberapa daerah yang belum mendapatkan Dana Desa, diantaranya belum mengumpulkan Peraturan Bupati, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), dan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Desa. Sosialisasi, penguatan, pendalaman, dan pengetahuan untuk memaksimalkan penggunaan dana desa juga terus dilakukan pemerintah,” jelasnya sebagaimana dikutip dari keterangan resmi tim PKP Kementerian Komunikasi dan Informatika pada Kamis (28/4).

Seperti diketahui, secara keseluruhan, Dana Desa yang telah ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2016 adalah sebesar Rp46,9 triliun. Dana Desa akan disalurkan dalam dua tahap, yaitu pada Bulan Maret dan Agustus 2016.

Penyaluran dalam dua tahap tersebut dilakukan sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 49/PMK.07/2016 Tentang Tata Cara Pengalokasian, Penyaluran, Penggunaan, Pemantauan, dan Evaluasi Dana Desa. Payung hukum tersebut merupakan turunan dari Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 8 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas PP Nomor 60 Tahun 2014 tentang Dana Desa yang Bersumber dari APBN.

 

KEMENKEU