Astra dan Indomobil bertahap tinggalkan Jakarta

JAKARTA – Sejumlah industri skala besar, termasuk otomotif dipastikan hengkang dari Jakarta secara bertahap. Sebagai ibukota negara, Jakarta diprioritaskan menjadi pusat jasa dan komersial, bukannya menjadi sentra produksi.

astra2Menurut Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Astra dan Indomobil di tahun 2023 memindahkan pabriknya ke Karawang. Hal itu pun dianggap sebagai pemerataan ke daerah-daerah penyangga lainnya.

“Seperti Astra dan Indomobil tahun 2023 itu akan pindah ke Karawang, itu otomotif. Kita mesti bagilah tetangga-tetangga kita supaya tidak numpuk di Jakarta, dari pada pindahkan ibukota,” terang dia di Balaikota, Jakarta Pusat, Senin, seperti dikutip ciputranews

Meski bakal ditinggal pabrik otomotif, Ahok tetap optimis pendapatan asli daerah (PAD) DKI Jakarta tidak akan berkurang. DKI juga tidak akan membatasi pertumbuhan industri kecil atau usaha makro kecil dan menengah (UMKM) di ibukota. Nantinya, UMKM dan industri skala rumah tangga akan ditempatkan di Kawasan Berikat Nusantara (KBN).

Pemerintah DKI telah menyiapkan 400 – 600 hektar di Kawasan Marunda untuk pelaku industri rumah tangga. Pelaku industri skala rumah tangga dipastikan akan memperkejakan sanak saudarannya sebagai pegawai. Jika ingin merekrut pekerja di luar keluarga diharuskan membayar upahnya di atas kebuthan hidup layak (KHL).

“Pindahkan industri-industri yang hanya mampu membayar pegawainya di angka KHL. Makanya kita dorong, kalau pindah ke luar kota biaya hidup bisa murah kan,” ucapnya.

Editor : Agus Budiono