Yahoo!Inc dimulai dari ‘Just For Fun’

Jery Yang dan David Filo menunjukan bahwa entrepreneur selalu dimulai dari penemuan sebuah ide dan passion pada hal yang ditekuni. Ide yang baik akan melahirkan dukungan dari profesional, dari pemodal dan dari pasar yang antusias, walau awalnya hanya sekedar hobi.

static.squarespace.comBenar, hanya sebuah hobi,sebuah keisengan yang menyenangkan namun jangan anggap remeh hal ini. Bisa jadi Anda menjadi miliuner karena hobi tersebut. Awalnya, pada April 1994, Jery Yang (26 tahun) dan David Filo (29 tahun) membuat sebuah directory dan mesin pencarian internet yang memudahkan mereka dan teman-teman Stanford dalam mencari lokasi website yang menarik. Mereka membuat daftar situs dan sempat menamainya sebagai “Jerry’s Guide to the World Wide Web”. Pada bulan Juni 1994, ketika hal tersebut masih sekedar hobi, mereka mengganti namanya menjadi Yahoo yang merupakan singkatan dari “yet another hierarchical of-ficious oracle”.

Sekitar enam bulan sejak memulai semuanya, mereka baru menyadari bahwa yang mereka lakukan memiliki prospek bisnis yang bagus. Begitu banyak pengguna mancanegara yang mengakses database yang mereka buat tersebut. Oleh karena itu, mereka pun mulai menambahkan berbagai fungsi dan fitur untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Ternyata, Yahoo berkembang lebih jauh dari dugaan mereka. April 1995 Yahoo!Inc berdiri dengan penjualan saham US $35 Juta dan meningkat sampai tiga kali lipat dalam waktu satu hari penjualan. Selanjutnya Yahoo! menjadi web portal pertama dengan nilai bisnis $11 miliar hanya dalam waktu empat tahun setelah berkarya iseng di tengah malam.

Hingga saat ini, Yahoo!Inc diakses jutaan orang setiap hari dan ribuan perusahaan besar memasang iklan internet di website ini. Layanan Yahoo!Inc berkembang pesat termasuk Yahoo!Mail, Yahoo!Messenger, Yahoo!Video, Yahoo!Local, Yahoo!News dan banyak lagi dengan total pendapatan tahun 2005 sebesar 5.258 Juta US Dollar. Yahoo mengupayakan aplikasi yang digunakan masyarakat akan selalu gratis, sedangkan bisnis tetap dapat berjalan dengan mencari sponsor dan pengiklan yang ingin meraih konsumennya.

Akhirnya, ada satu pertanyaan menarik, “Apakah masih ada kemungkinan untuk membuat perusahaan besar internet saat ini, mengingat begitu banyak kompetitor?”. Untuk pertanyaan ini, Jery Yang menjawab, “Saya pikir akan selalu ada kemungkinan tersebut jika Anda memiliki ide-ide yang bagus. Yang pertama anda harus lakukan adalah menemukan Ide besar itu terlebih dahulu.”

Sumber: Hasan,Johan.Kisah Sukses 10 Entrepreneur Teknologi Informasi Edisi 1.2006 / UCEO