Harga Cabe Melambung Makin Pedas

Laporan Wartawan Koranfakta.net Purwo Hadi

KORANFAKTA.NET, PASURUAN – Faktor cuaca yang tidak stabil mengakibatkan harga cabe rawit di seluruh pasar tradisional  di Pasuruan, semakin pedas harganya.

Nur Rukaini, salah seorang pedagang sayur di pasar Pandaan menuturkan, harga jenis cabe rawit terus naik dan mahal harganya hingga menembus angka Rp.80 ribu per kilogram, Rabu, (28/12/2016).

“Harga cabe rawit melonjak hingga Rp.80 ribu per kilogram dari sebelumnya seharga Rp.40 ribu, ini katanya karena faktor cuaca yang gak stabil, sehingga banyak cabai yang rusak sebelum dipanen,” tuturnya.

cabe-purLebih lanjut Nur Rukaini menjelaskan, harga normalnya hanya Rp. 25 ribu per kilogram, ya dikarenakan faktor cuaca gak setabil mengakibatkan pasokan cabai menurun sehingga terpaksa menaikkan harga, begitu juga harga sembako di pasar Pandaan harganya naik semua.

“Akibat harga cabe naik ada penurunan omzet penjualan dan jarang ada pembeli cabe dalam jumlah besar, dengan kenaikan harga ini sungguh sangat meresahkan bagi pedagang maupun pembeli,” terangnya.

Nur Rukaini juga menyinggung penghasilannya turun drastis akibat omzet penjualan turun. “Jadi saya kulakan ala kadarnya saja, agar pelanggan atau pembeli yang nyari cabe tidak kembali,” ungkapnya.

Sementara itu Daya Uji,  Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pasuruan menjelaskan, pihaknya terus melakukan monitoring secara berkala untuk mengetahui perkembangan harga sembako, termasuk harga cabe, baik yang mengalami penurunan maupun kenaikan.

“Kita lakukan monitoring, dalam jangka waktu sebulan kami lakukan tiga kali, dan kita lakukan dari pasar ke pasar,”jelasnya.

“Khusus harga cabe rawit memang naik, dan faktor cuaca tidak stabil, kadang hujan, terkadang juga panas diduga jadi penyebab rusaknya tanaman cabe.” tambahnya.

Koranfakta.net saat menyisir pasar Bangil harga cabe rawit sudah menembus  Rp.80 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp.75 ribu per kilogramnya, dan di pasar Kebun Agung, Pasuruan, harga cabe  melonjak menjadi Rp. 80 ribu per kilogram dari beberapa hari sebelumnya yang masih Rp. 40 ribu sampai Rp. 5o ribu per kilogramnya.(Pur)