Liga Champions: Barcelona Kalahkan Muenchen, 3-0

Penyerang Neymar, lewat serangan balik cepat mampu menaklukkan kiper Manuel Neuer pada menit akhir leg pertama semifinal Liga Champions di Camp Nou, Kamis (7/5) dini hari WIB.

Tambahan satu gol Neymar membuat Blaugrana unggul 3-0 atas Bayern Muenchen. Sebelumnya, tuan rumah unggul 2-0 berkat aksi Lionel Messi pada menit ke-77 dan menit ke-80.

essiSetelah bermain imbang tanpa gol, Barca langsung menekan dengan determinasi tinggim dan terus menekan Muenchen. Barcelona bermain lebih agresif sejak awal kick off awal pertandingan dibunyikan. Dimotori Messi, Luis Suarez, dan Neymar barca terus menekan pertahanan Barca.

Pada menit ke-12, Suarez mendapatkan peluang emas dengan berhadapan satu lawan satu dengan kiper Muenche Manuel Neuer. Namun sayang tembakannya masih membentur kaki sang kiper.

Semenit kemudian, die Roten melakukan serangan balik lewan sundulan Lewandowski, tapi bola hasil sundulannya masih melebar. Pada menit ke-16, Neymar mendapatkan peluang sangat baik saat Suarez memberikan umpan datar ke tengah gawang, Boateng yang mengawal ketat Neymar masih mampu memblok bola, padahal Neuer telah mati langkah.

Suarez kembali mengancam pada menit ke-28. Kali ini, berawal dari sebuah sepak pojok Ivan rakitic, Suarez yang berdiri bebas melakukan sundulan yang masih melambung tipis di atas mistar gawang. Masuk pertengahan babak kedua tempo permainan semakin cepat yang didominasi Barca.

Pada menit ke-35, giliran Lionel Messi yang memberikan teror lewat tendangan bebasnya, setelah Messi dilanggar Xabi Alonso. Tendangan Messi yang melewati pagar betis masih mampu dihalau Neuer.  Dani Alves mendapatkan peluang baik pada menit ke-40 setelah lolos dari jebakan offside, dan berhadapan dengan Neuer.

Namun Neuer kembali menunjukan ketangkasannya dengan menghalau tendangan bek kanan tersebut. Hingga turun minum, kedua tim bermain imbang tanpa gol.

Memasuki babak kedua, tempo pertandingan semakin cepat, dengan pertarungan di lini tengah yang begitu ketat. Tapi, kokohnya pertahanan kedua tim membuat serangan yang dibangun selalu kandas. Pada menit ke-59, Messi melesatkan tendangan keras berkat hasil kerjasam dengan Neymar. Tapi Neuer yang berada pada posisi yang tepat dengan mudah menangkap bola.

Neuer kembali menjadi pahlwan Muenchen setelah aksinya keluar kotak penalti untuk menghalau Neymar yang lolos dari jebakan offside pada menit ke-63. Tiga menit kemudian, Nyemar melepaskan tendangan kaki kanan dari dalam kotak penalti, tapi tendangannya masih melambung.

Lini tengah Muenchen benar-benar bermain efektif dengan terus meredam usaha-usaha yang dilakukan skuat besutan Luis Enrique. Bahkan Neymar terlihat frustasi dengan menunjukan emosinya saat menerima kartu kuning.

Pada menit ke-77 menjadi titik balik Barca. Itu setelah tendangan keras kaki kiri Messi mampu menjebol gawang Manuel Neuer, memanfaatkan kesalahan pemain belakang Muenchen. Unggul 1-0 tidak membuat Barca mengendurkan seranga.

Terbukti, Messi kembali memaksa Neuer mengambil bola dari gawangnya, setelah melakukan aksi individu melewati Boateng, dan mencongkel bola untuk melewati Neuer, 2-0 Barca unggul. Menjelang laga berakhir, Neymar mencatatkan skor 3-0, sebelum sang pengadil meniup peluit panjang. (ROL)