Prihatin Petugas Jenazah Langka, Ini Yang Dilakukan Ta’mir Masjid

Laporan Muhammad Isman dari Gresik, Jawa Timur

KORANFAKTA.NET, GRESIK – Prihatin dengan semakin langkanya petugas jenazah, terutama dari kalangan kaum hawa, menggugah Ta’mir Masjid Hidayatullah Sabrang, Kelurahan Sidokumpul, Gresik, menggelar pelatihan petugas mengurus jenazah.

Pelatihan yang berlangsung di ruang utama Masjid Hidayatullah Sabrang, Jalan Jaksa Agung Suprapto tersebut sejatinya diikuti sebanyak 60 orang peserta terdiri dari perempuan dan laki-laki, warga setempat.

latih grk1Ketua Ta’mir Hidayatullah Sabrang, Drs. H. Mudjoko mengatakan, pelatihan petugas pengurus jenazah ini diselenggarakan tentu saja bermula dari keprihatinan pihaknya yang melihat keberadaan petugas fardhu kifayah ini kian langka.

Kelangkaan petugas ini kian terasa tatkala ada warga yang meninggal dunia, ta’mir masjid meski harus ke daerah lain untuk mencari pertolongan mengurus jenazah mulai dari memandikan, mengkafani hingga pemakaman.

“Di tempat kami ini sudah tidak ada generasi yang bisa melanjutkan petugas-petugas pengurus jenazah yang sudah mendahului kami. Dan ini terasa ketika ada warga yang meninggal dunia, maka kami terpaksa minta bantuan dari luar,” ujar Mudjoko.

Peserta pelatihan petugas mengurus jenazah di Masjid Hidayatullah Sabrang, Sidokumpul, Gresik.
Peserta pelatihan petugas mengurus jenazah di Masjid Hidayatullah Sabrang, Sidokumpul, Gresik.

Dikatakan, yang cukup menggembirakan dari pelatihan fardu kifayah ini karena disambut antusias okeh warga. Dapat dilihat dari jumlah peserta yang ikut telah mencapai 60 orang dari target 50 orang.

Ta’mir Masjid Hidayatullah Sabrang melalui pelatihan tersebut telah menghadirkan Dr H Arif Budiono, Lc, MA dari Surabaya sebagai instruktur. Dan disela memberikan materi, ia berpesan bahwa apa yang didapat di pelatihan ini agar diaplikasikan di lingkungan tempat tinggal. (Muh)

 

Redaktur  : Agung Budiarto