KONI Deiyai Gelar Musda Pertama Pasca Pemekaran

 Laporan Pewarta Koranfakta.net Jekson Ikomouw dari Deiyai, Papua

KORANFAKTA.NET,DEIYAI – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Deiyai, Propinsi Papua menggelar Musyawarah Daerah Cabang Olahraga yang pertama pasca pemekaran menjadi kabupaten. Acara berlangsung meriah, bertempat  di aula Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Deiyai, Kamis, (23/4/2015) kemarin.

Agustinus Pigome S.Ag. Ketua KONI Kabupaten Deiyai mengatakan, musyawarah daerah yang pertama kali ini diharapkan melahirkan talenta-talenta muda yang mampu membawa nama baik Kabupaten Deiyai di seluruh 12 Pengurus Cabang (Pengcab).

“ Musda pertama ini diharapkan mampu membawa nama baik bagi seluruh pengcab, anggaran KONI 2015 sudah disediakan berkisar Rp 6 milyar,” ungkap Wakil Bupati Kabupaten Deiyai ini.

“Dana tersebut akan digunakan untuk kepengurusan 12 cabang olahraga yang dapat mandat melalui permilihan melalui musda.” tuturnya.

Ketua DPRD Kabupaten Deiyai Yohanes Adii mengatakan, pengurus yang akan terpilih harus menyadari jika ada even olahraga tingkat daerah maupun nasional itu bukan orangnya/para atlet yang pergi mewakili Kabupaten Deiyai tetapi tanah Deiyai ini yang pergi untuk mengikuti pelaksanaan kegiatan di bidang olah raga.

“Oleh karenanya, jika mengikuti kompetisi keluar Daerah. Pegunaan Dana harus jelas dan dapat menjaga nama daerah. Melalui olahraga, bisa mengangkat harkat dan martabat masyarakat Deiyai.” Tegasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Musyawarah Daerah Cabang Olahraga, Emanuel Mote S.STP menuturkan, terkesan pelaksanaan Muscab secara serentak dari 12 cabang olahraga yang ada di Deiyai.

“Kami terkesan pelaksanaan Muscab berjalan lancar sesuai rencana. Meskipun Kabupaten Deiyai ini baru dimekarkan, namun pelaksanaan Muscab baru pertama kalinya dapat berjalan lancar.” tutupnya.

Yulianus Mote SE, Terpilih menjadi Ketua PSSI Deiyai

Sementara itu, Jumat, (24/4/15) siang, agenda Musda, 23 klub sepak bola menggelar pemilihan Ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Kabupaten Deiyai, di Aula Distrik Tigi. Dari lima kandidat calon, terpilih Yulianus Mote SE, memperoleh 18 suara dari 42 suara yang mewakili 23 Klub sepak bola yang ada di Deiyai.

 Yulianus Mote SE, Terpilih menjadi Ketua PSSI Deiyai/Photo Jekson Ikomouw

Yulianus Mote SE, Terpilih menjadi Ketua PSSI Deiyai/Photo Jekson Ikomouw

Yulianus Mote, Ketua PSSI Kabupaten Deiyai baru mengatakan, selama ini sepakbola di Kabupaten Deiyai tenggelam. Dengan Musda yang dimandatkan oleh 23 klub sepakbola ini semoga bisa membangkitkan PSSI Kabupaten Deiyai lebih baik.

“Saya dan pengurus yang akan susun nanti, dari tahapan seleksi yang sudah dilaksanakan Maret lalu di lapangan sepakbola Kampung Okomodide sudah diseleksi sekitar 30 pemain. Kemudian, akan dilanjutkan  seleksi kedua pada bulan Mei mendatang. Sebab, target kami seleksi pemain Persiden sekitar 18 pemain.”jelasnya.

Andi Mote Terpilih Jadi Ketua PBVSI Deiyai

Dari 5 bakal calon Ketua Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Kabupaten Deiyai, Andi Mote, berhasil terpilih menjadi Ketua PBVSI Kabupaten Deiyai baru. Andi memperoleh 18 suara, dari 31 pemilih yang ditetapkan oleh panitia Muscab.

Andi Mote Terpilih Jadi Ketua PBVSI Deiyai/Jekson Ikomouw
Andi Mote Terpilih Jadi Ketua PBVSI Deiyai/Jekson Ikomouw

“Pertama-tama, saya sangat berterimakasih kepada peserta pemilih yang telah mendatkan saya untuk pimpin PBVSI Deiyai. Kalau untuk proses seleksi pemain kita akan jalankan sesuai mekanisme yang ada dalam olahraga voli, Akan kami undang tim bola voli yang ada di 5 Distrik di Kabupaten Deiyai.” Tutur mantan pemain bola voli Kabupaten Nabire itu.

 

Redaktur : Agus Budiono