Tabrak Bocah JI Divonis Tiga Tahun Penjara

MANOKWARI, KORANFAKTA.NET – Pria paruh baya berinisial JI divonis 3 tahun penjara dan denda Rp 6 juta oleh Ketua majelis hakim, Maryono dalam sidang putusan yang digelar di Pengadilan Negeri Manokwari, Senin (10/2).

Kecelakaan lalu lintas /ilustrasi
Kecelakaan lalu lintas /ilustrasi

Vonis tersebut lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang menuntut terdakwa 4 tahun penjara. Dalam persidangan tersebut, JI terbukti bersalah secara sah dan meyakinkan lalai dalam berkendara hingga menabrak dan menewaskan seorang bocah pada Bulan September 2013 lalu.

Ia dinyatakan melanggar Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009, tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Atas vonis tersebut, JPU menyatakan sikap pikir-pikir. Terdakwa JI yang tidak didampingi oleh penasehat hukumnya juga menyatakan sikap pikir-pikir. Ia diberi waktu selama tujuh hari untuk memikirkan vonis itu dan menyatakan sikap, apakah menerima atau akan mengajukan banding.

Kronologis Kejadian

Pada Bulan September 2013, terdakwa JI yang tengah berkendara sebuah mobil, menabrak seorang bocah di wilayah Sanggeng, Distrik Manokwari Barat, tepatnya di Jalan Karya Abri depan kantor Dinas Sosial Kabupaten Manokwari.

Saat itu, JI hendak melewati sebuah mobil yang terparkir didepan Kantor Dinsos Manokwari. Saat akan melewati, tiba-tiba seorang bocah menyebrang dari balik mobil yang terparkir.

Tak sempat menghindar karena jarak yang terlalu dekat, bocah malang itu pun tertabrak mobil JI hingga terseret sejauh 5 meter. Korban tewas beberapa menit kemudian di RSUD Manokwari. (ELO)