Pemkab Biak Numfor Papua Cabut Izin 58 Perusahan Miras

BIAK —┬áPemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua terhitung 1 September 2016 telah mencabut dan membekukan 58 izin usaha penjualan minuman beralkohol di wilayah itu.

Bupati Kabupaten Biak Numfor Thomas Ondy di Biak, Kamis menegaskan pembekuan usaha puluhan tempat penjualan minuman beralkohol sebagai sikap nyata pemkab dalam memerangi peredaran berbagai jenis minuman beralkohol.

Minuman keras/ilustrasi
Minuman keras/ilustrasi

“Surat pembekuan ijzn tempat berjualan minuman beralkohol sudah disebarluaskan kepada masyarakat melalui bagian hukum Pemkab Biak Numfor,” tegas Bupati Thomas Ondy.

Bupati Thomas mengatakan, dengan pembekuan izin tempat penjualan minuman beralkohol di cafe, restoran, kios dan tempat tertentu dalam wilayah hukum Pemkab Biak Numfor maka tidak ada lagi penjualan minuman beralkohol.

Pemkab Biak Numfor, menurut Bupati, akan melibatkan aparat berwenang seperti satuan Polisi Pamong Praja, Kepolisian Resort dan satuan TNI untuk membantu pengawasan peredaran penjualan minuman beralkohol selepas dikeluarkan surat keputusan Bupati Biak Nmfor.

“Ya jika masih ada ditemukan pengusaha atau kios yang menjual minuman beralkohol maka dapat dilakukan tindakan tegas sesuai hukum yang berlaku,” ujar Bupati Thomas Ondy.

Dia mengharapkan, lembaga legislatif DPRD dapat melakukan pembahasan pencabutan perda tentang minuman beralkohol sehingga menjadi dasar pelarangan peredaran di wilayah pemkab Biak Numfor. (ROL/ANT/ABU)